Butterfly Effect

Abis baca-baca tentang ini jadi pengen nulis..

Butterfly effect adalah suatu keadaan dimana suatu tindakan kecil yang dilakukan sekarang/masa lalu akan berakibat yang sangat besar ke masa depan.

 

Kenapa namanya “Butterfly Effect”? 

Jadi pada tahun 1961, Edward Norton Lorenz, seorang peneliti metereologi, melakukan penelitian tentang peramalan/perkiraan cuaca.

Nah dalam usahanya itu, dia melakukan perhitungan 12 persamaan non-linear dengan menggunakan komputer.

Awalnya dia mencetak hasil perhitungannya di atas kertas dengan format 6(enam) angka di belakang koma(…,506127). 

Lalu dia pikir untuk menghemat kertas, maka pembulatan 3(tiga) angka di belakang koma(…,506) saja dirasa sudah cukup.

Nah hasil perhitungan dengan pembulatan 3 angka di belakang koma itu dicetak pada kertas yang sama yang berisi cetakan sebelumnya(6 angka di belakang koma).

Satu jam kemudian dia kaget karena hasil cetakan tidak sesuai dengan yang diharapkan. 

Pada awalnya kurva yang dihasilkan memang berhimpitan. Namun sedikit demi sedikit, kurva tersebut membentuk cork yang lain sama sekali(mirip sayap kupu-kupu).

lorenzorbits

Nah, maka dari itu teorinya dinamakan Butterfly Effect (sumber gambar:Wikipedia). 

 

Perhitungan itu juga menimbulkan pemikiran bahwa kepakan sayap kupu-kupu di Brazil dapat menyebabkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian.

Fenomena ini akhirnya melahirkan teori chaos, dimana sistem yang ada memiliki ketergantungan yang sangat peka terhadap kondisi awal. 

Hanya sedikit perubahan pada kondisi awal dapat mengubah secara drastis kelakuan sistem pada jangka panjang.

 

Analogi yang sama sekarang sering dipakai untuk kegiatan-kegiatan kecil masa ini yang akan berdampak sangat besar di masa depan.

Contoh enaknya ada di film “a sound of a thunder”. 

Disitu diceritain kalo kupu-kupu yang diinjak peserta “wisata ke masa lalu” adalah “kupu-kupu pertama” hasil evolusi dan seleksi alam, 

Hal itu berdampak sangat besar. Kalau kupu-kupu pertama aja sudah nggak ada, padahal kupu-kupu pertama itu menjadi sumber kehidupan buat kupu-kupu selanjutnya dan juga predator kupu-kupu untuk bertahan hidup, maka bisa dibayanin sendiri akibatnya ke masa yang akan datang..

Ada lagi cerita tentang Hitler(sumber dari kaskus)..

Hitler pernah diselamatkan oleh seorang Yahudi ketika dia masih kecil..

Seorang Yahudi bernama Kouscher ini diramal oleh seorang Gypsy yang mengatakan bahwa dia akan membawa bencana pada dunia. 

Si Gypsy menyuruh dia banyak-banyak melakukan kebaikan agar bencana itu tidak terjadi.

Suatu hari ketika dia sedang melintasi sebuah rel kereta, dia melihat seorang anak berusia 10 thn tersangkut di rel itu, dan dia menyelamatkan anak itu dari rel kereta api itu. 

Hatinya merasa senang karena dia bisa menyelamatan anak itu dan berpikir bahwa dia telah melakukan 1 perbuatan baik.

Yang dia tidak tahu adalah anak itu bernama Adolf Hitler…..and the rest is history.

 

Dari teori ini sebenernya bisa diambil pelajaran penting yaitu jangan melakukan pembulatan , tulis aja semua angka yang muncul di kalkulator/komputer!😛..

Serius dikit ah..Gak usah lah ngimpi-ngimpi pengen ngulang masa lalu. Syukuri aja yang ada sekarang dan terus berusaha biar gak nyesel di masa depan nanti(jadinya kan gak pengen time travel ke masa lalu). Hehehe.. Sotoy abis..

 

Ya begitulah kira-kira.. Kalo ada yg lebih tau mohon koreksinya!:)

11 pemikiran pada “Butterfly Effect

  1. Dari teori ini sebenernya bisa diambil pelajaran penting yaitu jangan melakukan pembulatan , tulis aja semua angka yang muncul di kalkulator/komputer!😛..

    Kalo kuis antena kelas genap ada batasnya tuh pembulatan berapa angka, beda satu aja udah salah dan gak dapet nilai sama sekali, hahahaha… ^_^

    Besok kuis antena oi…!!! Ada deadline makalah TA-1 pula.. Kok malah ngeblog dan blogwalking…?? -_-“

  2. @angga
    nah situ malah main2 kesini sambil ceting sama si ‘mbak’! hayoo..
    yup, untuk antena emang dibatesin 4 angka penting.. lebih dari itu liwat dah ama si bapak mah!:)
    tapi beda banget ama kuliah2 pak sigit yang kalo bisa gak pake pembulatan! hehe..

    @salman
    namanya juga perhitungan di atas kertas man..
    tapi kalo penasaran mah coba aja!:P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s